Manfaat Cara Mengobati Luka Bakar Dengan Lidah Buaya

Mengobati luka bakar dengan lidah buaya merupakan salah satu manfaat lidah buaya yang sudah banyak dibuktikan, pelajari selengkapnya di bawah ini.


MENGAPA LIDAH BUAYA

Manfaat lidah buaya untuk mengobati luka bakar sudah tidak diragukan lagi. Efektifitas penggunaan lidah buaya ini juga tergantung dari tingkat keparahan dari luka bakar itu sendiri. Paling tidak ini bisa menjadi pertolongan pertama, untuk selanjutnya dibawa ke dokter, jika memang mengalami luka bakar yang serius. Pada banyak kasus, jika luka bakar tidak parah, hanya terjadi pada jaringan kulit luar saja ... bisa disembuhkan dengan memanfaatkan daun lidah buaya.

Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin C, kalium, vitamin B6, asam folat, zinc, klorida, kalium, Vitamin K dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lidah buaya juga memiliki kandungan aloesin yang memiliki efek antiradang sehingga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar.  Efek dingin dari jelly lidah buaya dapat menjadi pertolongan pertama saat Anda menderita luka bakar atau tersiram air panas. Selain untuk luka bakar atau tersiram air panas, lidah buaya juga dapat digunakan untuk kulit perih akibat sengatan matahari.

Untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai obat luka bakar, yang diperlukan adalah gel lidah buaya. Sebagai obat, gel lidah buaya yang berwarna bening seperti jeli ini sering digunakan sebagai kandungan utama pada salep, losion, krim, dan sebagainya. Selain diproduksi menjadi obat-obatan, lidah buaya juga kerap dimanfaatkan masyarakat dalam  merawat kesehatan rambut, kulit, bahkan diyakini lidah buaya mengobati penyakit maag
manfaat cara mengobati luka bakar dengan lidah buaya



CARA MENGOBATI LUKA BAKAR DENGAN LIDAH BUAYA

Manfaat lidah buaya untuk luka bakar bisa anda buktikan dengan cara berikut ini. Mengobati luka bakar dengan lidah buaya itu mudah sekali, karena tidak memerlukan campuran bahan lain, juga tidak perlu proses pengolahan yang merepotkan, seperti halnya membuat olahan makanan dari  lidah buaya

Berikut ini adalah lagkah - langkah cara mengobati luka bakar dengan lidah buaya :


  • Ambil lidah buaya, kupas kulit luar lidah buaya, buang. Karena yang berguna untuk pengobatan luka bakar ini adalah bagian dagingnya.
  • Tempelkan lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya ke bagian kulit dimana terdapat luka bakar.
  • Tunggu sampai lukanya tidak melepuh.
  • Kemudian lepas dan bersihkan lidah buaya dari kulit sampai bersih.


Untuk luka bakar yang tidak parah, cara di atas efektif menyembuhkan. Jika luka bakar tersebut parah, maka perlu mendapatkan perawatan lebih lanjut oleh dokter, dan cara di atas sebagai pertolongan pertama saja.



TIPS UNTUK LUKA BAKAR

  • Kulit yang terbakar matahari sensitif terhadap cahaya matahari meski sudah sembuh. Gunakan tabir surya berkadar tinggi selama 6 bulan setelah kulit terbakar untuk menghindari perubahan warna kulit dan kerusakan lebih parah.
  • Minum ibuprofen atau obat lain untuk meredakan pembengkakan jaringan dan mengurangi rasa sakit.
  • Segera temui dokter jika Anda menduga bahwa ini adalah luka bakar parah yang serius. Luka ini harus dirawat oleh dokter dan tidak bisa diobati di rumah.
  • Dapatkan perawatan medis jika Anda memiliki luka bakar pada wajah.
  • Jangan oleskan es batu pada luka bakar. Suhu dingin yang ekstrem dapat memperparah kerusakan pada luka bakar.
  • Jangan oleskan bahan-bahan rumah tangga seperti mentega, tepung, minyak, pasta gigi, atau losion pelembab pada luka bakar. Hal ini justru dapat memperparah kerusakan