Jenis Jenis lidah Buaya Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis jenis lidah buaya memang tidak hanya satu, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Lidah buaya menjadi jenis tanaman yang populer di tengah masyarakat berkat kandungan gizi yang terdapat pada setiap batang lidah buaya. Dari produk perawatan rambut, perawatan kulit, hingga makanan olahan lidah buaya ... mudah kita temukan di pasaran. Yang mungkin terlupakan dari pikiran kita adalah tentang jenis jenis lidah buaya.

Sebelum mengulas jenis jenis lidah buaya, ada baiknya kita membicarakan sedikit profil tanama lidah buaya ini. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai makanan olahan lidah buaya dan minuman kesehatan.

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan tidak diragukan lagi. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Aloe vera juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit.


jenis jenis macam lidah buaya


JENIS JENIS LIDAH BUAYA

Di lapangan dapat kita temukan banyak sekali jenis - jenis atau macam lidah buaya, dari hanya sekedar sebagai tanaman hias hingga yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Secara garis besar, jenis lidah buaya dikategorikan menjadi :

1. Aloe forex
Jenis lidah buaya yang satu ini secara keseluruhan hampir mirip dengan lidah buaya pada umumnya, namun lidah buaya ini memiliki bunga yang sangat cantik. Manfaat dari jenis lidah buaya ini adalah dijadikan obat sakit perut, obat eksim, dan untuk penumbuh rambut. Tak hanya itu, jenis lidah buaya ini mempunyai buah yang berwana hitam keputih-putihan.

2. Aloe barberae
Aloe barberae adalah salah satu jenis lidah buaya yang terbesar di Afrika. Tingginya mencapai 0,9 meter sehingga lidah buaya ini terlihat seperti pohon yang memiliki daun berduri. Warna daunnya hijau gelap dan pada masing-masing sisinya berduri. Aloe ini hidup di daerah yang hangat, lembab dan di hutan pantai. Lidah buaya jenis ini jauh lebih cocok digunakan untuk tanaman hias di halaman rumah. Perbedaan aloe ini dengan lidah buaya yang sering kita temui adalah bentuk, fungsinya, dan masih banyak lagi.

3. Aloe dichotoma
Aloe dhicotoma adalah jenis lidah buaya yang paling dikenal di Afrika Selatan dan Namibia. Aloe ini berbetuk seperti pohon besar yang memiliki caban-cabang halus. Dari kejauhan memang nampak cantik dan menarik, namun cabang-cabang halus padda pohon tersebut adalah lidah buaya yang ukurannya lebih kecil dibandingkan lidah buaya yang ada di Indonesia. Lidah buaya tersebut berwarna kuning keemasan dipadu warna kecoklatan pada bagian sisiknya.


JENIS LIDAH BUAYA YANG BAIK

Memilih lidah buaya tentu tidak sembarangan, kita harus tahu jenis lidah buaya yang seperti apa yang layak untuk dimanfaatkan. Berikut ini adalah kategori penting dalam memilih lidah buaya :

  • Aroma tidak terlalu menyengat. Untuk kebutuhan konsumsi lidah buaya yang beraroma tidak terlalu menyengat dianggap lebih ramah di lidah ketimbang yang beraroma pekat, yang tentunya akan berpengaruh langsung pada rasa ketika dikonsumsi.
  • Warna hijau tua. Seringkali ditemukan lidah buaya dengan warna hijau muda atau bahkan agak kuning, kedua warna tersebut tidak begitu baik, entah itu untuk konsumsi atau untuk kebutuhan lainnya. Lidah  buaya dengan warna hijau muda itu masih belum cukup umur untuk diambil manfaatnya. Sedangkan lidah buaya yang berwarna kuning itu pertanda sudah terlalu tua untuk dipetik.
  • Rasa tidak terlalu pahit. Untuk tujuan konsumsi, jenis lidah buaya yang berasa pahit tentu tidak baik untuk dimanfaatkan