-->

Cara Mengobati Bisul Dengan Lidah Buaya Lebih Cepat Dan Efektif

Cara mengobati bisul dengan lidah buaya berikut ini sederhana namun efektif menyembuhkan dengan cepat.

Bisul adalah nama penyakit yang tentu sudah sering kita dengar bukan namun tentu kita semua tidak ingin mengalaminya, walaupun masih benjolan kecil namun bisul ini bisa membuat kita semua nggak nyaman bahkan sakit sekali untuk bergerak. 

Sering kita dibikin nggak sabar dengan munculnya bisul ini, sehingga kita berinisiatif memencetnya, namun tindakan inilh yang justru membuat bisul semakin meradang dan tambah sakit. Ini sangat tidak dianjurkan, sebenarnya ada cara alami untuk mengobati bisul ini, cukup dengan menggunakan daun lidah buaya. Kita tahu manfaat lidah buaya sangat banyak, ternyata juga efektif untuk mengobati bisul. Namun sebelumnya saya ingin membahas apa itu bisul.

Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut, yaitu lubang tempat tumbuhnya rambut. Penyebab tersering adalah bakteri staphylococcus aureus. Karena itu, bisul dapat juga diartikan sebagai infeksi lokal pada kulit dalam.

Awalnya hanya folikel rambut yang terinfeksi. Tetapi karena adanya gesekan, iritasi, dan kurang bersihnya perawatan tubuh, infeksi tersebut dapat menyebar ke jaringan sekitarnya dan menjadi bisul. Bisul biasanya berawal dari benjolan merah dan lunak di daerah kulit, yang lama-kelamaan akan menjadi lebih keras. Kemudian di tengah benjolan tersebut akan terbentuk puncak berwarna putih yang akan memecah.

Bagian tubuh yang paling sering terkena bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, p4nt4t, dan paha. Ini terjadi karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan berkeringat. Selain itu, bisul juga bisa tumbuh pada kelopak mata. Kondisi inilah yang biasanya kita kenal dengan istilah bintitan.



CARA MENGOBATI BISUL DENGAN LIDAH BUAYA

Cara mengobati bisul dengan lidah buaya sudah banyak dilakukan masyarakat kita sejak dulu, sifatnya yang dapat meredakan peradangan, membuat lidah buaya ini menjadi obat pilihan ketika mengalami bisulan.

Dalam lidah buaya terkandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral, dan saponin yang berfungai sebagai antimikroba. Dalam penggunaan aloe vera untuk perawatan kulit diantaranya dapat menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat dan luka, melembabkan kulit, memutihkan wajah, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Makanya tak heran jika lidah buaya juga dapat menyembuhkan bisul dengan efektif. Lalu bagaimana cara mengobati bisul dengan lidah buaya ?

Mungkin pada umumnya jika bisulan, ditunggu hingga bisul pecah dengan sendirinya. Itu artinya anda akan merasakan sakit yang lebih lama untuk menunggu hingga bisul pecah dengan  sendirinya. Mengobati bisul dengan lidah buaya, anda tidak perlu menunggu lidah buaya hingga pecah karena dengan cara ini bisul akan mengempis dan lebih cepat sembuh.

Berikut ini adalah cara mengobati bisul dengan lidah buaya :
  • Siapkan daun lidah buaya, 
  • Kupas kulitnya dan ambil gel lidah buaya yang ada didalamnya 
  • Siapkan air perasan jeruk nipis 
  • Campur air jeruk nipis dan gel lidah buaya dengan perbandingan 2 gel :1 air jeruk 
  • Setelah diaduk rata oleskan ke bisul setiap sebelum tidur dan bersihkan keesokan harinya
  • Kurang dari seminggu, bisul akan mulai kempis dan tidak pecah tetapi mengering
  • Oleskan body lotion kesukaan anda setelah kering agar tidak meninggalkan bekas hitam
cara mengobati bisul dengan lidah buaya




Bisul jarang yang membutuhkan penanganan medis oleh dokter karena bisa sembuh dengan sendirinya. Meski demikian, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika mengalami bisul yang:

  • Menyebabkan demam.
  • Terus membesar hingga mencapai diameter di atas 5 cm dan terasa sangat sakit.
  • Tumbuh lebih dari satu buah di lokasi yang sama. Jenis ini dikenal dengan bisul sabut atau karbunkel, dan kondisi ini merupakan infeksi yang lebih serius.
  • Tumbuh di dalam hidung, di wajah, atau tulang belakang.
  • Tidak kunjung sembuh selama lebih dari 14 hari.
  • Sering kambuh.
  • Memiliki masalah dengan sistem imun atau dalam pengobatan yang menganggu sistem imun.



AGAR  BISUL TIDAK TUMBUH LAGI

Setelah kita membahas cara menyembuhkan bisul dengan lidah buaya, kali ini kita akan mengulas cara mencegahnya. Berikut ini adalah langkah - langkah sederhana namun efektif untuk mencegah bisul tumbuh kembali :

1. Jangan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi secara berlebihan.

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kemunculan bisul adalah konsumsi protein yang berlebihan. Sumber makanan yang mengandung protein yang tinggi, seperti susu, daging merah, dan juga telur merupakan salah satu penyebab dari kemunculan bisul, karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Jadi, salah satu cara yang tepat adalah dengan mengurangi konsumsi protein, karena hal tersebut sangat meningkatkan resiko anda mengalami bisul pada tubuh anda.

2. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mencegah kemunculan bisul adalah dengan cara menerapkan pola hidup yang bersih dan juga sehat. Hal ini termasuk dengan cara selalu mandi dan juga membersihkan badan dengan menggunakan sabun, untuk memaksimalkan pembunuhan bakteri-bakteri yang kemungkinan bisa masuk ke dalam tubuh.

3. Selalu mengkonsumsi makanan sehat

Cara mencegah bisul lainnya yang penting adalah dengan cara mengkonsumsi berbagai bahan makanan yang kaya akan vitamin-itamin serta mineral yang berperan penting sebagai anti bakteri, seperti makanan yang mengandung vitamin C, makanan yang mengandung vitamin A dan sebagainya. Vitamin tersebut bisa ditemukan pada buah dan sayur, yang dapat membantu mematikan serta mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh.

4. Jangan menggunakan barang pribadi bergantian dengan orang lain

Hindari penggunaan barang pribadi, yang memiliki kontak langsung dengan tubuh, seperti handuk, sarung tangan, pakaian, secara bergantian dengan orang lain tanpa dicuci terlebih dahulu. Kuman dan bakteri yang tertinggal pada barang-barang pribadi tersebut dapat menular dan menginfeksi tubuh, sehingga dapat menyebabkan kemunculan bisul pada tubuh.

5. Hindari melakukan pencabutan terhadap bulu tubuh

Kebiasaan mencabuti bulu tubuh merupakan salah satu faktor lainnya yang dapat menyebabkan kemunculan bisul. Ya, kebiasaan ini akan membuat pori-pori tubuh menjadi membesar. Efek jangka panjangnya dari pori-pori tubuh yang membesar ini adalah bakteri dan juga kuman akan masuk dengan mudah ke dalam tubuh, sehingga akan meningkatkan potensi munculnya bisul.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->