-->

Cara Menanam Lidah Buaya Di Tanah Agar Tumbuh Besar Dan Subur

Cara menanam lidah buaya di tanah yang perlu anda perhatikan, agar tumbuh dengan sehat dan subur.

Lidah buaya adalah salah satu jenis tumbuhan yang paling populer di Indonesia walaupun bukan merupakan tumbuhan asli Indonesia. Manfaat lidah buaya yang begitu besar, baik dalam hal pengobatan, perawatan rambut dan kecantikan, juga berbagai makanan dan minuman olahan lidah buaya ... membuat lidah buaya memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Inilah yang membuat banyak orang ingin menanam lidah buaya.

Cara menanam lidah buaya langsung di tanah terbilang cukup mudah, namun juga tidak bisa sembarangan. Jika kita ingin mendapatkan hasil tanaman lidah buaya yang baik, makan kita juga perlu mempersiapkan bibit lidah buaya yang baik. 

Bibit lidah buaya yang baik bisa kita dapat dengan memilih indukan yang baik. Dari indukan tersebut biasanya muncul anakan - anakan lidah buaya yang masih kecil, inilah yang bisa dijadikan bibit untuk ditanam. 

Berikut ini adalah ciri-ciri indukan lidah buaya unggulan :
  • Buah memiliki aroma tidak terlalu menyengat
  • Berat per batang buah lidah buaya mencapai 8 0ns
  • Ukuran batang lidah buaya mencapai 50-60 cm
  • Warna batang buah lidah buaya hijau tua
  • Rasa buah tidak terlalu pahit



CARA MENANAM LIDAH BUAYA DI TANAH

Setelah menemukan bibit lidah buaya yang bagus, selanjutnya kita bisa menanamnya. Berikut ini adalah cara menanam lidah buaya di tanah :
  1. Siapkan lahan kosong yang digunakan untuk menanam lidah buaya.
  2. Siapkan juga calon bibit lidah buaya.
  3. Gali tanah yang digunakan untuk menanam lidah buaya dengan ukuran 20 x 20 cm.
  4. Masukkan pupuk organik atau pupuk kompos ke dalam tanah yang sudah digali. Perlu diingat, pada tanaman baru sebaiknya jangan memakai kotoran kambing, sebab akan menimbulkan panas.
  5. Selanjutnya tanam lidah buaya yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu siram dengan air.


Setelah satu minggu lidah buaya ditanam perhatikan daun lidah buaya yang paling luar, apakah daun tersebut layu atau tidak. Apabila layu maka ada kemungkinan akar lidah buaya ini terserang hama. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mencabut tanaman lidah buaya, dan melihat penyebabnya. Apabila akar tanaman lidah buaya ada yang busuk, maka potong akar tersebut agar tidak menyebar ke bagian lainnya. Setelah itu lidah buaya dapat ditanam kembali.


cara menanam lidah buaya di tanah



MERAWAT LIDAH BUAYA AGAR TUMBUH SUBUR DAN BESAR

Setelah di atas kita belajar bagaimana menanam lidah buaya, kali ini kita akan mengulas bagaimana cara merawatnya. Lidah buaya yang unggul tentu memiliki kandungan nutrisi yang lebih bagus, juga memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi, untuk itu tanaman lidah buaya perlu dirawat sedemikian rupa agar tumbuh besar dan subur.

Berikut tips merawatnya agar tumbuh subur dan besar :
  1. Tanamlah pada pot yang besar, karena tanaman ini juga mengalami pertumbuhan cepat besar.
  2. Jika ingin memperbanyak tanaman ini dengan cepat ambil saja anakannya saja, kalau biji lama.
  3. Letakan jauh dari jangkauan ayam dan bebek karena hewan ini sering nyosor tanaman ini.
  4. Lidah buaya adalah tanaman gurun yang tahan  kering cukup lama tentunya tidak ribet merawatnya. Justru orang itu keliru banyak yang menyiram tanaman ini setiap hari seperti tanaman lain sehingga tanaman ini busuk.
  5. Jangan letakkan di teras rumah yang kemungkinan besar terkena cucuran air hujan. Bisa busuk nantinya.
  6. Walaupun tahan kering, dalam habit alaminya digurun, tanaman ini tumbuh diantara bebatuan yang cukup teduh, artinya jika menanam tanaman tidak baik ditempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Berilah naungan agar terhindar dari sinar terik siang hari
  7. Siramkan air jika warna daun memulai pucat memutih.
  8. Berilah pupuk kompos agar tumbuh subur




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->