Cara Mengkonsumsi Lidah Buaya Untuk Maag Yang Benar

Cara mengkonsumsi lidah buaya untuk maag. Tips cara yang benar mengkonsumsi lidah buaya untuk pengobatan penyakit maag.

Khasiat lidah buaya untuk maag cukup dikenal luas di tengah masyarakat, disamping manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Ini membuktikan bahwa masyarakat sudah familiar dalam menggunakan lidah buaya, misalnya untuk mengobati penyakit maag. 


Seperti yang telah kita ketahui, lidah buaya merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat, dan diakui di dunia kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Manfaat lidah buaya mungkin sering juga dikaitkan dengan perawatan rambut, namun sebenarnya lidah buaya juga bisa dimanfaatkan dalam perawatan kecantikan, seperti masker lidah buaya, juga dalam pengobatan penyakit maag. Namun perlu diperhatikan juga, bagaimana cara mengkonsumsi lidah buaya untuk maag .

Berdasarkan penelitian, lidah buaya membantu pencernaan, menormalkan asam lambung tinggi. Lidah buaya mengandung elemen kunci seperti aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida. Selain itu, lidah buaya juga menawarkan 19 asam amino, 20 mineral dan 12 vitamin yang penting bagi kesehatan.

Lidah buaya mengandung metionin, treonin, serin dan molibdenum, yang bekerja sama untuk detoksifikasi logam berat dan bantuan tambahan dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Disamping itu lidah buaya efektif merangsang pelepasan pepsin, yaitu enzim lambung yang mendukung sistem pencernaan. Inilah yang membuat lidah buaya bisa mengobati penyakit maag, mengurangi peradangan, tukak lambung disebabkan oleh asam, alkohol, aspirin dan obat lain.

Untuk mengobati penyakit maag, lidah buaya dapat dikonsumsi atau dengan dibuat jus. Lihat cara mengkonsumsi lidah buaya untuk maag di bawah ini.


CARA MENGKONSUMSI LIDAH BUAYA UNTUK MAAG

Mengkonsumsi lidah buaya tidak boleh sembarangan karena ada bagian lidah buaya yang boleh dan tidak boleh dimakan, untuk tujuan konsumsi perlu juga mengetahui cara mengolah lidah buaya. Berikut ini adalah cara
yang benar untuk mengkonsumsi lidah buaya untuk mengobati penyakit maag :

Cara pertama :

Bahan-bahan :
  • Siapkan lidah buaya, kupas dan bersihkan dari lendirnya.
  • Selanjutnya potong-potong daging lidah buaya
  • Siapkan juga 2 sendok makan madu murni.

Cara membuat :
  • Siapkan wadah yang steril, lalu masukan potongan lidah buaya dan beri campuran 2 sendok makan madu.
  • Kemudian konsumsi ramuan tersebut secara rutin sehari 2 kali, dipagi dan sore hari sampai sembuh.


Cara kedua :

Bahan-bahan : Ambil lidah buaya berukuran 15 x 5 cm.

Cara membuat :
  • Pisahkan kulit dan daging lidah buaya, lalu bersihkan dari gelnya.
  • Selanjutnya potong-potong dan tiriskan agar getahnya larut.
  • Kemudian konsumsi daging lidah buaya secara langsung atau dapat diblender sampai lembut.


MENGOBATI MAAG BISA JUGA DENGAN JUS LIDAH BUAYA
cara mengkonsumsi lidah buaya untuk maag


Selain dengan mengkonsumsi lidah buaya secara langsung seperti di atas, mengobati penyakit maag juga bisa dengan membuat jus lidah buaya caranya adalah sebagai berikut :

  • Ambil beberapa tangkai lidah buaya
  • Kupas kulitnya untuk diambil dagingnya
  • Cuci daging lidah buaya
  • Potong-potong agar mudah dihaluskan
  • Masukkan kedalam blender, anda bisa menambahkan gula secukupnya kemudian haluskan
  • Konsumsi jus lidah buaya 1/4 gelas 30 menit sebelum makan


YANG TIDAK BOLEH MENGKONSUMSI LIDAH BUAYA

Bagi wanita yang sedang hamil, menstruasi, minum pil KB dan menyusui sebaiknya menghindari mengonsumsi lidah buaya. Jus lidah buaya juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka waktu panjang karena dapat menyebabkan deplesi elektrolit. Jika untuk dikonsumsi, anda perlu baca : efek samping lidah buaya


MEMILIH LIDAH BUAYA YANG BAGUS

Jika anda ingin mengkonsumsi lidah buaya untuk maag anda, perhatikan bagaimana memilih lidah buaya yang layak konsumsi. Ciri-ciri Lidah Buaya yang bagus dan khasiatnya masih utuh, dapat dilihat dari bentuk fisiknya, antara lain:

1. Warna hijau tua
Seringkali ditemukan lidah buaya dengan warna hijau muda atau bahkan agak kuning. Lidah  buaya dengan warna hijau muda itu masih belum cukup umur untuk diambil manfaatnya. Sedangkan lidah buaya yang berwarna kuning itu pertanda sudah terlalu tua untuk dipetik. Yang bagus itu warnanya hijau tua.

2. Panjang lebih dari 50 CM
Terutama untuk tujuan konsumsi, kita harus memilih lidah buaya dengan kualitas unggul. Lidah buaya dengan bibit unggul dapat tumbuh hingga 1 meter, hal ini menunjukan perkembangan lidah buaya tidak terhambat. Tentu khasiatnya juga akan tetap terjaga.

3. Aroma tidak terlalu menyengat
Untuk kebutuhan konsumsi lidah buaya yang beraroma tidak terlalu menyengat dianggap lebih ramah di lidah ketimbang yang beraroma pekat.

4. Berat 8 ons perbatang
Terkadang ada bentuk lidah buaya yang memiliki tinggi diatas rata-rata namun ternyata beratnya terbilang ringan, hal ini dapat mengurangi jumlah mineral yang terkandung di dalamnya hal itu terjadi akibat kurangnya asupan cairan yang menjadi kebutuhan utama semua tanaman termasuk lidah buaya itu sendiri. Sehingga khasiatnya juga akan berkurang.

5. Rasa tidak terlalu pahit
Untuk pemanfaatan makanan maupun obat, misalnya untuk mengobati maag, rasa Lidah Buaya pada dasarnya memang pahit namun jika terlalu pahit sebaiknya hindari saja. Pelajari cara mengkonsumsi lidah buaya di atas.

Jadi disamping harus mengetahui cara mengkonsumsi lidah buaya untuk maag, anda juga harus bisa memilih lidah buaya yang bagus dan layak konsumsi.