Efek Samping Lidah Buaya Jika Penggunaannya Tidak Bijak

Efek samping lidah buaya. Beberapa efek samping dari penggunaan lidah buaya jika pemanfaatannya tidak bijak dan berlebihan.

Jika kita membicarakan tentang lidah buaya atau yang juga dikenal dengan sebutan aloevera, tentu ada segudang manfaat lidah buaya yang dibahas. Baik itu dalam hal perawatan kecantikan, cara menggunakan lidah buaya untuk rambut, hingga pemanfaatan lidah buaya untuk kesehatan atau pengobatan. Mungkin tidak pernah terlintas dalam pikiran kita tentang  efek samping lidah buaya.

Benarkan ada efek samping lidah buaya yang dapat membahayakan kesehatan kita?  Banyak penelitian yang mengungkapkan memang ... disamping tumbuhan lidah buaya ini memiliki banyak manfaat, mengkonsumsi lidah buaya secara berlebihan dan dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan. Terutama jika lidah buaya diolah menjadi makanan atau minuman, seperti yang pernah dibahas sebelumnya tentang cara mengolah lidah buaya. Lalu apa saja sih efek samping lidah buaya?

Tentang efek samping lidah buaya, sebenarnya ini bukan untuk menakut - nakuti, walaupun lidah buaya adalah tumbuhan yang kandungannya bermanfaat untuk kesehatan, namun penggunaannya tentu harus bijak, dan jangan dikonsumsi secara berlebihan. Lebih bagus jika berkonsultasi dengan dokter.

Berikut ini adalah beberapa efek samping lidah buaya jika dikonsumsi berlebihan dan jangka panjang :

1. Lidah buaya dapat membahayakan bagi penderita diabetes. Mungkin banyak penderita diabetes melitus tidak menyadari akan efek samping lidah buaya. Walaupun lidah buaya mempunyai kemampuan untuk menurunkan gula darah yang ada dalam tubuh. pada saat gula darah dalam tubuh menurun, hal ini dapat berimbas pada keseimbangan kebutuhan gula darah. Hal seperti ini dapat membahayakan bagi penderita diabetes. Karena pada dasarnya penderita diabetes harus benar-benar dalam menjaga keseimbangan gula darah dalam tubu. Jika ingin mengkonsusmi lidah buaya sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

2. Lidah buaya dapat mengakibatkan reaksi alergi dan menimbulkan penyakit diare. Untuk sebagian orang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi lidah buaya atau dimanfaatkan untuk lainnya. Biasanya efek samping lidah buaya tersebut dapat ditimbulkan dengan adanya iritasi pada kulit, seperti muncul (rasa gatal-gata,  kram sampai menyebabkan diare.

3. Lidah buaya tidak disarankan untuk dimanfaatkan secara oral dalam jangka waktu yang
efek samping lidah buaya
panjang atau lama. Karena jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan meningkatkan resiko terserang kanker kololektar. Berdasarkan sebuah penelitian mengenai genotoxicity, pada obat pencahar yang berbahan lidah buaya ternyata dapat menyebabkan resiko lebih tinggi terkena kanker kolorektal. Walaupun  sudah sesuai penggunaan obat atau dengan aturan yang berlaku.

4. Menimbulkan alergi. Bagaimanakah caranya untuk mengetahui anda alergi atau tidak? Caranya cukup mudah yaitu, anda hanya cukup mengoleskan sedikit cairan atau yang disebut getah lidah buaya pada telinga bagian belakang. Jika pada telinga anda terasa gatal atau perih, ini berarti menandakan anda mengalami alergi sebagai efek samping lidah buaya. Cara untuk menghindari atau mencegahnya mudah saja, anda hanya cukup menghindari jenis produk yang menggunakan  bahan lidah buaya.

5. Merugikan kesehatan wanita hamil. Efek samping lidah buaya juga tidak baik untuk wanita hamil. Sebaiknya hindari konsumsi lidah buaya bagi anda yang sedang hamil. Hal ini bukan tanpa sebab atau akibat karena dalam lidah buaya terdapat zat  kimia dalam jumlah besar. Zat kimia tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dan kesehatan ibu.

6. Efek samping lidah buaya bisa mengakibatkan kematian. Kematian akibat kerusakan ginjal dan diare berdarah yang parah dapat terjadi akibat dosis toksik lidah buaya. Mengonsumsi lidah buaya secara oral dengan konsentrasi 1 gram per hari atau lebih selama beberapa hari adalah dosis yang bisa mematikan

7. Merusak fungsi jantung. Efek samping lidah buaya juga mengarah pada fungsi dan kerja jantung. Konsumsi jus lidah buaya dapat menyebabkan tubuh memproduksi adrenalin secara berlebihan. Adrenalin yang berlebihan tentunya tidak baik terutama buat kamu yang memiliki masalah pada jantung. Efek lidah buaya dapat menurunkan kadar kalium dalam tubuh sehingga menyebabkan detak jantung tidak teratur dan otot menjadi lemah. Oleh karena itu jus ini juga tidak dianjurkan untuk anak-anak dan orang tua.

8. Kanker Kolorektal. Ternyata efek samping lidah buaya bisa mengarah kondisi yang serius. Penggunaan lidah buaya secara oral untuk jangka waktu satu tahun atau lebih dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Selain itu menurut penelitian genotoxicity menunjukkan bahwa obat pencahar yang mengandung lidah buaya menimbulkan risiko kanker kolorektal bahkan meskipun digunakan sesuai petunjuk.

9. Lidah buaya juga tidak baik bagi dikomsumsi bagi penderita hiperkolesterol. Oleh sebab itu, jika ingin mengkonsumi lidah buaya atau berbagai olahan dari lidah buaya, sebaiknya di barengi dengan pola makan yang seimbang serta banyak minum air putih. Sehingga potensi efek samping lidah buaya dapat dikurangi.

10. Lidah buaya bisa memicu timbulnya diare atau kram yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit berbahaya, bahkan meskipun digunakan hanya beberapa hari.Sebagai obat pencahar, lidah buaya bersifat adiktif dan memiliki efek negatif permanen pada kesehatan kolon yang bisa memperparah sembelit (konstipasi).

11. Merusak ginjal. Efek sampinglidah buaya juga mengancam anda yang penggemar jus lidah buaya. Overdosis jus lidah buaya dapat menyebabkan build-up darah pada bagian panggul, yang menyebabkan kerusakan ginjal.